Bacaan Sholat Muhammadiyah sebenarnya merupakan istilah yang salah kaprah karena semua bacaan sholat tidak ada yang milik satu organisasi atau golongan.
Istilah itu hanya untuk memudahkan menunjuk bacaan sholat yang dipakai oleh warga Muhammadiyah. Dengan istilah itu seolah-olah Muhammadiyah punya bacaan sholat tersendiri.
Padahal tidaklah demikian, yang dimaksud sebenarnya adalah bacaan sholat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW juga.
Dibawah ini teks lengkap bacaan sholah yang biasanya diamalkan warga Muhammadiyah dan dikenal sebagai “Bacaan Sholat Muhammadiyah” :
Doa Iftitah
اَللّهُمَّ باَعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَاياَيَ كَمَا باَعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِاَللّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَاياَ كَماَ يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِاَللّهُمَّ اغْسِلْ خَطَاياَيَ باِلْماَءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.
Allaahumma baa’id bainii wabainaa khotoo yaa ya kamaa baa ‘adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khotoo yaa kamaa yunqqots tsaubul abyadhuu minaddanas. Allaahummaghsil khotoo yaa ya bil maa i wats tsalji walbarod.
Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah antara diriku dan di antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat.
Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan sebagaimana dibersihkannya kain putih dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun.”
Bacaan Ruku’/Sujud
سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ رَبَّناَ وَبِحَمْدِكَ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى
Subhaanaka allaahuma robbanaa wabihamdika allaahumaghfirlii.
Artinya: “Segala puji bagi-Mu, Ya Allah Tuhan kami, dan dengan memuji-Mu ya Allah ampunilah aku”.
Do’a I’tidal
سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. رَبَّنَا وَلَكَ اْلحَم
Sami’a Allohu liman hamidah. Robbanaa walakalhamdu
Artinya: “Allah mendengar pujian dari orang yang memuji-Nya, Wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji
Do’a Duduk di antara Dua Sujud
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَاهْدِنِى وَارْزُقْنِى
Allaahummaghfirlii warhamnii wajburnii wahdinii warzuqnii.
Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah aku, tunjukilah aku, dan berilah rizki untukku”.
Doa Tasyahud Awal
اَلتَّحِيَّاتُ لِلّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّباَتُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهاَ النَّبِيُّوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْناَ وَعَلَى عِباَدِاللهِ الصَّالِحِيْنَ أَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
Attahiyyaatu lillaahi washsholawaatu waththoyyibaat. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu warohmatullaahi wabarokaatuh. Assalaamu’alainaa wa’ala ‘ibaadillaahi shshoolihiin. Asyhadu anlaa ilaaha illallaah waasyhadu annamuhammadan ‘abduhu warosuuluh.
Artinya: “Segala kehormatan, kebahagiaan dan kebagusan adalah kepunyaan Allah. Semoga keselamatan bagi Engkau, ya Nabi Muhammad, beserta rahmat dan kebahagiaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan juga bagi kita sekalian dan hamba-hamba Allah yang baik-baik. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba Allah dan utusan-Nya”.
Sholawat kepada Nabi
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَالِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَالِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَالِ إِبْرَاهِيْمَ. إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
Allaahumma sholli ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammad. Kamaa shollaita ‘alaa ibroohiim wa aali ibroohiim. Wabaarik ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad. Kamaa baarokta ‘alaa ibroohiim wa aali ibroohiim. Innaka hamiidummajiid.
Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kemurahan-Mu kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Kau telah limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya. Berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Kau telah berkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau yang Maha Terpuji dan Maha Mulia”.
Do’a sesudah Tasyahud Awal
اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْماً كَثِيراً وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ. فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Allahumma innii dzolamtu nafsii dzulman katsiiro, wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta faghfir lii maghfirotan min ‘indika warhamnii, innaka antal ghofuurur rohiim.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah mendzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak. Tiada sesiapa yang dapat mengampunkan dosa-dosa melainkan Engkau, maka ampunilah bagiku dengan keampunan daripada-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau maha pengampun lagi maha penyayang.”
Do’a sesudah Tasyahud Akhir
اَللّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ, وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ, وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْياَ وَالْمَمَاتِ, وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ
Allaahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannam. Wamin ‘adzaabil qobri. Wamin fitnatil mahyaa walmamaati. Wamin syarri fitnatil masiihiddadjaal.
Salam
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalaamua’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh.
Artinya: “ Berbahagialah kamu sekalian dengan rahmat dan berkah Allah”.
Jika Anda ingin mendownload teks bacaan sholat Muhammadiyahan pdf silakan donwload disini dan jika menginginkan bacaan sholat Muhammadiyahan word dapat diunduh disini.
Bacaan sholat di atas memang berbeda dengan yang diamalkan oleh sebagian besar umat Islam Indonesia, meskipun demikian bukan berarti Muhammadiyah asal beda.
Bacaan di atas tidak dikenalkan atau diajarkan secara umum oleh para sebagian besar kyai, ulama, ustadz atau guru ngaji. Juga di sebagian besar masjid, mushola/langgar, taman pendidikan Al Qur’an bahkan di sekolah-sekolah pemerintah itu tidak diajarkan.
Biasanya hanya diajarkan satu versi bacaan sholat, padahal ada lebih dari satu dan semua sama-sama ajaran dari Nabi Muhammad SAW.
Manhaj Tarjih Muhammadiyah
Mengapa bacaan sholat Muhammadiyah berbeda dengan yang berlaku umumnya?
Jawabannya adalah Muhammadiyah memilih salah satu dari bacaan-bacaan sholat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan metodologi (manhaj) tarjih. Apa itu tarjih?
Tarjih adalah proses analisis untuk menetapkan hukum dengan menetapkan dalil yang lebih kuat (rājih), lebih tepat analogi dan lebih kuat mashlahatnya (tarjih.or.id).
Jadi, dalam menetapkan bacaan sholat yang tidak hanya satu macam itu, Muhammadiyah memilih mana yang lebih kuat derajat dalilnya, mashlahatnya dan termasuk mana yang sering dipakai oleh Nabi Muhammad SAW.
Itu berlaku juga untuk masalah-masalah lain, utamanya ibadah-ibadah yang bersifat khusus. Dengan metodologi tarjih itu, tidak jarang Muhammadiyah mempunyai pandangan dan ketetapan tersendiri yang berbeda dibandingkan dengan yang dianut mayoritas umat Islam Indonesia.
Namun, semua yang ditetapkan Muhammadiyah dengan tarjih bukanlah “asal beda”. Justru sebaliknya dicari mana yang paling kuat dasarnya sesuai Al Qur’an dan Sunnah. Hadits yang dipakai pun harus punya derajat mutawatir, shahih atau paling tidak hasan.
Selain itu tidak dijadikan rujukan oleh Muhammadiyah, terutama menyangkut ibadah-ibadah khusus (ibadah mahdhoh) seperti sholat, puasa, haji dan sejenisnya. Kriteria ini dijalankan dengan ketat sehingga amalan-amalan ibadah yang diluar ketentuan itu, ditolak.
Contoh nyata adalah perbedaan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Sebagian besar umat Islam mengamalkan sholat tarawih sebanyak 23 rakaat, maka Muhammadiyah memilih 11 rakaat.
Ini karena dasar sholat tarawih 11 rakaat lebih kuat. Tarawih 11 rakaat berdasarkan hadits dari Aisyah, sedangkan sholat tarawih 23 rakaat baru muncul pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab.